5 Tips Contoh CV Ideal untuk Fresh Graduate Agar Diterima Kerja

Penting sekali bagi seluruh fresh graduate atau kalangan yang baru lulus sekolah untuk memahami contoh CV secara tepat. Meski telah dibekali ilmu lewat bangku pendidikan, namun ada kalanya kita perlu menerapkan strategi teknis membuat lamaran kerja lewat artikel satu ini.

5 Tips Contoh CV Ideal untuk Fresh Graduate Agar Diterima Kerja

Contoh CV yang ideal untuk fresh graduate biasanya cukup satu halaman. Namun jika ada banyak pengalaman yang dilakukan semasa sekolah, misal aktivitas organisasi, magang dan pekerjaan sampingan, bukan tak mungkin jika Anda mengambil opsi resume dua halaman.

Perhitungan dua halaman tersebut juga harus hati-hati. Ada yang menggunakan kelebihan tersebut untuk memuat informasi kurang relevan. Sebetulnya tidak masalah, namun contoh CV dua halaman biasanya ditujukan untuk melampirkan portofolio kita semasa dahulu.

Semisal Anda adalah lulusan S-1 jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Halaman kedua bisa dioptimalkan dengan menaruh karya yang pernah dicantumkan sebelumnya pada produk, tugas akhir, dan output lainnya. Hal serupa berlaku untuk jurusan lain, semisal Arsitektur.

Apa lagi tips contoh CV ideal yang perlu diterapkan bagi fresh graduate agar tidak salah kaprah? Agar lebih jelas, simak penjelasannya sebagai berikut.

5 Tips Contoh CV Ideal untuk Fresh Graduate

1. Masukkan Informasi Penting

Contoh CV ideal biasanya melibatkan informasi penting. Pengertian penting bagi setiap orang pastilah beda, namun jika digeneralisir, hal tersebut meliputi data diri dan keterampilan. Pertama, data diri sangat diperlukan agar pihak perusahaan dapat mengetahui rekam jejak kita.

Lanjut pada bagan keterampilan. Apa saja skill yang Anda bisa untuk memenuhi kebutuhan perusahaan tersebut? Ya, tentu saja harus relevan. Selain kemampuan dasar, hal-hal lain bersifat teknis seperti pengoperasian sistem hingga bahasa biasanya tercantum dalam contoh CV ideal.

2. Cantumkan Pengalaman Terdahulu

Mayoritas perusahaan di luar sana ingin melihat perbedaan yang dapat Anda buat untuk organisasi mereka. Sayangnya, sebagian besar fresh gradueta tidak memperhitungkan hal ini ketika mereka membuat resume atau bahkan saat mengirim lamaran pekerjaan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lewat pengalaman terdahulu seperti magang, cobalah untuk menunjukkan apa yang pernah Anda lakukan. Gunakan angka dan lampiran yang pasti bila memungkinkan, semisal pernah mengikuti kursus dan sertifikasi tertentu.

3. Periksa Kembali CV dari Awal

Mulai dari kesalahan ketik hingga melewatkan keterangan skill, ada banyak bagi Anda selaku fresh gradutate untuk detail dalam melakukan peninjauan ulang pada resume. Baca dari awal, perhatikan bila ada typo, ingat-ingat kembali jika ada informasi yang ketinggalan.

Demi mempermudah, berikut daftar periksa ulasan agar sesuai contoh CV yang ideal:

- Kesalahan mengeja dan tata bahasa
- Tanda baca tidak konsisten
- Tautan situs web yang rusak
- Informasi kontak salah
- Kalimat yang panjang atau tidak jelas

Daftar periksa di atas tak hanya memastikan bahwa resume Anda benar, tapi juga upaya profesionalitas pada perusahaan terkait yang hendak dilamar. Tak ada salahnya bertanya dan meminta saran dari teman atau orang-orang terdekat guna memastikan hal tersebut.

4. Beri Kontak Referensi

Referensi dapat berdampak besar pada lamaran kerja. Biasanya, perusahaan bakal menghubungi orang tersebut demi melakukan validitas diri serta kemampuan Anda dalam bidang terkait.

Jika Anda dirujuk oleh karyawan organisasi yang sudah ada, resume memiliki peluang yang jauh lebih tinggi untuk melakukan hingga tahap wawancara. Sekali lagi, pastikan agar kontak referensi aktif, bisa dihubungi, dan yang terpenting memahami betul diri serta skill Anda.

5. Singkat, Padat, Jelas

Berdasarkan standar contoh CV ideal yang sering diutarakan perusahaan, sebuah resume disarankan tercantum satu halaman untuk setiap 10 tahun pengalaman. Pengecualian bila halaman kedua adalah lampiran portofolio seperti penjelasan yang tercantum di atas.

Sebuah resume satu halaman tidak hanya lebih terorganisir, tetapi dengan cepat membantu seorang perekrut mengidentifikasi keterampilan utama dan riwayat hidup lainnya. Selamat mencoba 5 tips contoh CV ideal yang satu ini, semoga sukses!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Tips Contoh CV Ideal untuk Fresh Graduate Agar Diterima Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel